Assalamualaikum Wr. Wb.

Wahai sahabatku yang dimuliakan oleh Allah SWT. Semoga kesejahteraan dan kedamaian senatias berpihak kepada kita sebagai seorang muslim yang sejati. Amiin Yaa Robbal Alamiin. Kita sudah sering mendengar dan melihat bagaimana perih dan susahnya hidup tanpa ada orang tua. Karena beliau telah pulang ke haribaan Allah sang kholiq. Bahkan kita juga adalah salah satu daripada bagian dari mereka.

Sangat menderita, oleh karena itu wahai sahabatku, lindungilah anak yatim sebagaimana engkau melindungi keluargamu dan hartamu.

Mari kita kaji tentang melindungi anak yatim dibawah ini dengan sangat teliti ya sahabat !!!
Anak merupakan anugerah, karunia dan nikmat Allah yang terbesar yang harus dipelihara, sehingga tidak terkontaminasi dengan lingkungan.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, maka wajib untuk membimbing dan mendidik sesuai dengan petunjuk Allah dan RasulNya, dan menjauhkan anak-anak dari pengaruh buruk lingkungan dan pergaulan. Wajib mencarikan lingkungan yang bagus dan teman-teman yang istiqâmah. Keluarga adalah lingkungan pertama dan mempunyai peranan penting dan pengaruh yang besar dalam pendidikan anak. Karena keluarga merupakan tempat pertama kali bagi tumbuh kembangnya anak, baik jasmani maupun rohani.

Keluarga sangat berpengaruh dalam membentuk aqidah, mental, spiritual dan kepribadian, serta pola pikir anak. Yang kita tanamkan pada masa-masa tersebut akan terus membekas pada jiwa anak dan tidak mudah hilang atau berubah sesudahnya. Adapun bagi seorang pendidik, ia harus menjauhkan anak didiknya dari hal-hal yang membawa kepada kebinasaan dan ketergelinciran, serta mengangkat derajat mereka menjadi derajat manusia yang mempunyai semangat untuk mengemban amanat dan tugas agama. Sebagai pendidik, seseorang harus menjadikan kepribadian Rasul Shallallahu'alaihi Wa Sallam sebagai suri tauladan dalam seluruh aspek kehidupan dan dalam setiap proses pendidikan serta memberi motivasi anak didik agar selalu bersanding dengan ulama dan orang-orang shalih. Seorang pendidik juga harus memahami dampak buruk yang disebabkan oleh keteledoran dalam mendidik anak.

Dan ia harus mewaspadai faktor-faktor yang bisa mempengaruhi proses pendidikan anak, yaitu lingkungan rumah, sekolah, media cetak dan elektronik, teman bergaul, sahabat dll.

Perlakuan orang tua terhadap anaknya sangat dipengaruhi oleh dua faktor. Pertama, faktor harapan dan cita-cita berkeluarga kedua orang  tuanya. Cita-cita adalah harapan tertinggi yang sangat ingin diraih yang diupayakan dengan rencana dan segala kemampuan yang paling maksimal. Sebab, membentuk keluarga bukanlah tujuan, tapi sarana untuk mencapai sebuah tujuan. Karena itu, pastikan kita tidak salah dalam menetapkan cita-cita berkeluarga. Faktor yang kedua adalah kesadaran untuk melaksanakan tugas terpenting dalam berkeluarga.

Apakah tugas terpenting dalam berkeluarga itu ?

Allah swt. menyebutkan dalam Q.S. 66 : At-Tahrim : 6, “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu  dan keluargamu  dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan bebatuan; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras, mereka tidak mendurhakai Allah dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan-Nya.”

Jadi, keluarga sukses adalah keluarga yang di dunia berhasil menjalankan misi sebagai pemimpin orang yang  bertakwa, dan di akhirat berhasil mencapai visinya terbebas dari neraka. Inilah makna dari doa yang kita pinta: rabbana aatinaa fiid dunya hasanah wa fiil akhirati hasanah wa qinaa „adzaaban naar. Ya Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di duniah dan kebahagiaan di akhirat; dan jauhkan kami dari api neraka.

Anak yatim adalah bagian dari kehidupan dan keluarga kita wahai sahabtku. Sehingga sudah sepatutnya kita harus senantiasa menyanyanginya dan memberikan kebahagian untuk mereka. Agar kelak kita terhindar dari siksa api neraka. Semangat sahabatku buat menjalankan kehidupan ini.

GANBATTE KUDASAI