10 LANGKAH MENYIAPKAN DIRI SAAT MENGIKUTI TES WAWANCARA KERJA
Assalamualaikum Wr. Wb.

Sahabatku yang berbahagia. Sudah saatnya anda memasuki kawasan yang memang menjadi keinginan dan harapan sebagian besar orang pada umumnya.

Yaitu memasuki dunia kerja. Dapat diterima kerja adalah suatu kebanggaan dan prestasi tersendiri bagi para pelamar kerja.

Saya akan membagikan langkah persiapan kita untuk menjalani tes wawancara kerja dari suatu prusahaan. Adapun langkah – langkahnya antara lain :

1.    Persiapkan jati diri anda. Anda harus sudah siap untuk memperkenalkan diri anda. Anda persipkan tentang perkenalan yang akan anda berikan kepada pewanwacara. Yaitu yang berkaitan dengan identitas diri anda. Jangan pernah melakukan kebohongan tentang identitas anda. Karena ini dapat merusak citra anda di masa yang akan datang.

2.    Mulailah dengan bacaan bismillah. Karena dengan mengawali dengan bacaan bismillah anda akan merasa lebih tenang dan tentram dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh pewanwacara. Bagaimanapun bentuk pertanyaannya anda akan siap sahabatku.

3.    Milikilah keyakinan bahwa anda akan mampu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh si pewanwacara. Dengan keyakinan yang penuh, anda akan mampu menahlukkan pertanyaan yang diberikan. Pasti itu.kenapa?? karena anda yakin.

4.    Jangan merasa minder. Terkadang banyak diantara kita yang gagal dalam mengikuti tes wawancara dikarenakan mereka minder alias kurang percaya diri. Karena biasanya pewanwacara mengerti akan kondisi psikis kita. Mereka hanya melihat dari sorotan mata kita. Bahaya.

5.    Pelajarilah kira – kira pertanyaan apa yang akan kamu terima ketika melakukan tes wawancara. Mulai dari yang berkaitan dengan perusahaan tempat kamu tes. Ataupun seputar bidang yang kamu geluti semasa masih menjadi pelajar atau mahasiswa.dengan seperti itu anda akan benar – benar siap dengan semua kemungkina yang akan terjadi.

6.    Milikilah pengetahuan tambahan dan skill yang berbeda dari yang lain. Karena dengan seperti itu akan senantiasav memperoleh point lebih dibandingkan dengan peserta yang lain.secara otomatis kita akan mampu menyelesaikan setiap pertanyaan yang diberikan. Dan kita akan yakin bahwasannya kita akan lolos dengan sangat mudah.

7.    Coba gali informasi pada karyawan yang telah lama bekerja disitu. Mungkin saja ada wawasan tambahan yang bisa kita dapatkan. Setidaknya ada pengetahuan tambahan yang dapat menjadikan kita lebih percaya diri dengan pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Pasti akan mudah bagi kita untuk melakukannya kan??

8.    Seringlah latihan bicara didepan cermin dengan sangat percaya diri. Berlatih berbicara didepan cermin membuat kita bisa melihat bagaimana ekspresi kita ketika kita sedang berbicara dengan orang lain. Terlebih pada saat wawancarakerja yang akan kita jalani saat nanti. Percaya diri, jangan takut salah dalam memberikan jawaban kelak pada saat wawancara. Karena ketika kita takut salah maka pada saat itulah kesalahan akan terjadi pada kita. Eman loh kalo sampai salah dalam menjawab.

9.    Mintalah restu ke kedua orang tuamu. Jangan sampai pada saat akan berangkat dalam keadaan yang tergesa – gesa. Tanpa berpamitan kepada kedua orang tua. Karena berkat ridho dari orang tualah kita dapat menembus pasar wawancara. Dan dapat mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan.

10.    Berdoalah dan pasrahkan kepada Allah SWT. Karena semua dapat terjadi atas kehendaknya. Dan dengan seperti itu kita pasti akan mendapatkan pekerjaan itu atas idzin Allah SWT. Kita akan bisa lolos pada tahapan wawancara tersebut.

Demikianlah sedikit langkah – langkah yang bisa kita bagikan. Semoga dapat bermanfaat.. aamiin Yaa Robbal Alamiiin.

SALAM SUKSES