Sahabatku yang baik hatinya. Menjadi seorang ayah adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kita. Namun terkadang kita bingung bagaimana toh menjadi ayah yang dicintai anak itu?? Disini kita akan sedikit berbicara tentang hal itu.

Menjadi ayah yang dicintai anak haruslah :

•    Sediakan Waktu untuk Keluarga Anda


Sebagai ayah, bagaimana Anda menunjukkan kepada anak-anak Anda bahwa mereka penting bagi Anda? .

Pastilah ada banyak yang Anda lakukan demi anak-anak Anda, termasuk pengorbanan yang Anda buat untuk menafkahi mereka dan menyediakan tempat tinggal yang layak bagi mereka. Anda tidak bakal melakukan hal-hal itu jika mereka tidak penting bagi Anda.

Namun, bila Anda tidak meluangkan cukup waktu bagi anak-anak Anda, mereka bisa menyimpulkan bahwa Anda lebih peduli pada hal-hal lain, seperti pekerjaan, teman, atau hobi Anda, ketimbang pada mereka.

Kapan sebaiknya seorang ayah mulai menyediakan waktu untuk anak-anaknya? Seorang ibu mulai membentuk ikatan dengan anaknya sewaktu sang anak masih dalam kandungan.

Kira-kira 16 minggu setelah pembuahan, bayi yang belum lahir mungkin sudah mulai mendengar.

Pada tahap ini, seorang ayah juga bisa mulai membangun hubungan yang unik dengan anaknya yang belum lahir. Ia bisa mendengar degup jantung sang bayi, merasakan tendangannya, berbicara padanya, dan bernyanyi untuknya.

Anak-anak tak akan peduli jika Anda baru saja memperoleh promosi di perusahaan atau memiliki rumah paling mahal di lingkungan Anda.

Hal yang mereka pedulikan adalah apakah Anda akan tiba di rumah saat makan malam atau tidak, apakah Anda akan menonton pertandingan baseball di hari Minggu bersamanya, dan apakah Anda mau diajak menonton bioskop.

Jika ingin menjadi ayah yang baik, luangkan waktu setiap hari untuk anak, minimal setiap minggu, tak peduli seberapa pun sibuknya Anda.

•    Ayah yang Baik Adalah Komunikator yang Baik


Dengarkan dengan tenang tanpa menghakimi. Agar dapat efektif berkomunikasi dengan anak-anak Anda, Anda mesti menjadi pendengar yang penuh perhatian. Anda perlu memupuk kesanggupan untuk mendengar tanpa bereaksi berlebihan.

Jika anak-anak Anda merasa bahwa Anda gampang marah dan cepat menghakimi, mereka akan enggan mengungkapkan isi hati mereka kepada Anda.

Tetapi, jika Anda mendengarkan mereka dengan tenang, Anda akan menunjukkan bahwa Anda punya minat yang tulus pada mereka. Sebagai balasan, mereka akan lebih bersedia untuk menceritakan pikiran dan perasaan mereka yang berharga kepada Anda.

•    Berikan Disiplin dan kasih sayang yang penuh 


Bahkan jika Anda merasa frustrasi atau marah, disiplin yang Anda jalankan hendaknya merupakan pernyataan kepedulian yang pengasih demi kesejahteraan jangka panjang anak Anda. Itu mencakup nasihat, koreksi, didikan, dan hukuman jika diperlukan.

•    Sayangi dan Respeklah Istri Anda.


Cara seorang ayah menjalankan perannya sebagai suami tentu memengaruhi anak-anak. Sekelompok pakar perkembangan anak menjelaskan, ”Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan seorang ayah bagi anak-anaknya adalah merespek ibu mereka.

Ayah dan ibu yang saling merespek dan menunjukkannya kepada anak-anak mereka menyediakan lingkungan yang aman bagi anak-anak.”—The Importance of Fathers in the Healthy Development of Children."

•    Tentukan waktu bersama anak-anak dalam jadwal Anda.


 Malam yang tepat untuk bersama mereka bisa saja dilakukan pada hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Luangkan waktu untuk memberi perhatian ekstra pada hari-hari tersebut, dan jangan biarkan jadwal lain mengganggu kebersamaan Anda.

Jika Anda memiliki lebih dari satu anak, maka sebaiknya luangkan waktu untuk bersama masing-masing anak secara individu.

Dengan demikian hubungan yang unik antar masing-masing anak bisa terjalin.

Jika Anda terlalu lelah untuk bermain basket bersama si kecil, lakukan kegiatan lain sebagai gantinya, misalnya menonton pertandingan basket atau menonton film tentang basket.

Penting sekali agar Anda bisa selalu bersama anak dalam kegiatan-kegiatan seperti itu.

Demikianlah sedikit cara agar kita tetap dicintai oleh anak – anak kita meskipun kita terlalu padat jadwal bekerjanya. Semoga berhasil.

SALAM SUKSES