Mencari Arti Dibalik Sholat Dhuha
Salam ta’dhim bagi kita semua. Selaku hamba Allah yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk Allah SWT yang lain. Semoga kebahagiaan senantiasa berpihak pada kita. Kembali disini.. kita akan membahas sesuatu yang mugkin menjadi ritual kita bahkan menjadi kebanggaan bagi kita dalam melakukannya. Apa itu sahabat???? Sholat dhuha, merupakan sholat yangdilakukan oleh hampir seluruh umat islam di dunia.Selain itu bisa diartikan bahwa Sholat dhuha sendiri merupakan sholat yang dilakukan pada saat mataharibaru terbit sekitar pukul 08.00 sampai dengan waktu dzuhur. Disini kita akan mengupas apa saja toh yang ada dibalik sholat dhuha, baik dilihat dari segi khasiat fisik (alamiah) maupun khasiat secara bathiniah. Khasiat Fisik daripada sholat dhuha antara lain :

1. Olahraga

Tanpa di Sadari Penjelasannya sendiri adalah sholat dhuha dilakukan pada saat masih pagi hari yaitu sekitar pukul 08.00 sampai dengan menjelang dhuhur, dan jam – jam tersebut merupakan waktu yang sangat baik untuk berolahraga, oleh karena itu melakukan sholat dhuha sama saja dengan berolahraga karena nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang serta otot karena setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai dengan lutut dan kaki.Manfaat gerakan sholatmemang dapat memberikan efek olahraga tanpa di sadari.

2. Melancarkan peredaran darah

Selain itu juga sholat dhuha membantu untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia karena semua pergerakan dalam sholat dhuha sangat lengkap. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat gerakan rukuk, kemudian juga gerakan sujud yang mana kepala berada lebih rendah dibandingkan badan dan darah tersebut juga mengalir ke kepala kemudian pada saat duduk aliran darah dinormalkan kembali.

3. Menormalkan Produksi Hormon

Selain itu juga sangat bermanfaat untuk menormalkan produksi hormon yang ada di dalam tubuh. Jadi sholat dhuha memang sangat bermanfaat dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh, baik untuk bagian tubuh, organ tubuh sampai dengan beberapa cairan dan juga hormone dalam tubuh.

Khasiat pada bathiniah kita antara lain :

1. Membuat jiwa lebih tenang

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan karena beberapa gerakan yang sangat mempengaruhi kondisi tubuh, sholat dhuha juga sangat bermanfaat untuk menjaga rohani, yang mana nantinya jiwa akan menjadi lebih tenang, terlebih lagi jika rezeki memang sudah dibukakan dan dipermudah di dalam mendapatkan rezeki.

2. Menghilangkan Stress

Selain itu sholat dhuha maupun sholat yang lainnya akan membantu umat muslim untuk bisa mendapatkan ketenangan batin sehingga terhindar dari stress. Stress sendiri merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu dan bisa menimbulkan resiko terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari mengambil air wudhu sebenarnya sudah bisa membuat batin dan pikiran menjadi tenang namun jika ditambah dengan sholat dhuha tentu saja akan jauh lebih tenang. Jadi menurut sebagian besar orang, melakukan sholat dhuha sendiri memang akan mendapatkan ketenangan dan juga rezekinya lancar sehingga beberapa umat muslim melakukan / menjalankan sholat dhuha setiap hari.

3. Menghapuskan Dosa

Dalam hal ini Rasululloh SAW Bersabda : ”Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat shalatnya setelah shalat shubuh karena melakukan i’tikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat shalat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.”(HR Abu Daud)


Ya mungkin masih banyak lagi arti dan manfaat dibalik sholat dhuha yang kita lakukan setiap hari.. mari kita jaga dan kita tingkatkan rutinan sholat Dhuha kita.... gofighting