15 KESUNNAHAN DALAM BERMAJLIS (BERMUSYAWARAH DAN BERDISKUSI) SESUAI DENGAN PERISTIWA ZAMAN NABI MUHAMMAD SAW
Dibawah ini ada beberapa hadist yang berkaitan dengan pola perilaku saat berada dalam suatu majlis. Baik itu untuk bermusyawarah atau untuk berdiskusi yang antara lain :

1.    Dari Ibnu Umar radhiallahu 'anhuma, katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda:"Janganlah seseorang di antara engkau semua itu menyuruh berdiri pada seseorang dari tempat duduknya kemudian ia sendiri duduk di situ, tetapi berikanlah keluasan tempat serta kelapangan - pada orang lain yang baru datang." Ibnu Umar itu apabila ada seorang yang berdiri dari tempat duduknya karena menghormatnya, ia tidak suka duduk di tempat orang tadi itu. (Muttafaq 'alaih)

2.    Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda: "Jikalau  seseorang  di  antara engkau semua  itu  berdiri dari tempat duduknya, kemudian ia kembali ke situ, maka ia memang lebih berhak untuk menempati tempat duduknya tadi." (Riwayat  Muslim)

3.    Dari Jabir bin Samurah radhiallahu'anhuma, katanya: "Kita semua itu apabila mendatangi Nabi s.a.w., maka setiap seseorang dari kita itu duduk di tempat mana ia berakhir - maksudnya tidak sampai melangkahi bahu orang lain untuk menuju ke tempat yang lebih muka." Diriwayatkan oleh Imam-imam Abu Dawud dan Termidzi dan Termidzi mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan.

4.    Dari Abu Abdillah yaitu Salman al-Farisi r.a., katanya: Rasulullah s.a.w. bersabda: "Tidaklah seseorang itu mandi pada hari Jum'at dan ia bersuci sekuasa yang dapat ia lakukan, juga berminyak dari minyaknya ataupun mengenakan sesuatu dari minyak harum yang ada di rumahnya, kemudian ia keluar - ke masjid, lalu ia tidak memisah-misahkan antara dua orang yang sedang duduk, selanjutnya ia bersembahyang  apa  yang  ditentukan  atasnya  yakni  shalat sunnah tahiyyatul masjid  dan seterusnya ia mendengarkan jikalau imam berbicara atau berkhutbah, melainkan orang yang melakukan semua itu tentu diampunkan untuknya antara hari Jum'at yang dilakukan itu dengan hari Jum'at yang lainnya yaitu hari Jum'at berikutnya."

5.    Dari 'Amr bin Syu'aib dari ayahnya dari nenek lelakinya r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda: "Tidak  halallah  bagi  seseorang  itu  kalau  memisahkan  tempat  duduk antara dua orang, melainkan dengan izin kedua orang itu." Diriwayatkan oleh Imam-imam Abu Dawud dan Termidzi dan Termidzi mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan.

6.    Dalam riwayat Abu Dawud disebutkan: Nabi s.a.w. bersabda: "Janganlah seseorang itu duduk antara dua orang - yang sudah duduk lebih dulu, melainkan dengan izin keduanya."

7.    Dari Hudzaifah al-Yaman r.a. bahwasanya Rasulullah melaknat kepada orang yang duduk di tengah lingkaran - maksudnya orang-orang banyak duduk di tepi melingkari sesuatu tempat lalu orang itu datang belakangan terus melangkahi bahu mereka dan duduk di tengah-tengah orang banyak. (Riwayat Abu Dawud dengan isnad hasan)

8.    Imam Termidzi juga meriwayatkan dari Abu Mijlaz bahwasanya ada seorang lelaki duduk di tengah lingkaran, lalu Hudzaifah berkata: "Dilaknat atau lisannya Muhammad s.a.w. atau Allah melaknat atas lisannya Muhammad s.a.w. pada orang yang duduk di tengah-tengah lingkaran." Imam Termidzi mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan shahih.

9.    Dari Abu Said al-Khudri r.a., katanya: "Saya mendengar Rasulullah bersabda: "Sebaik-baik tempat duduk -yakni majlis- ialah yang terlebar -terluas ruangannya." Diriwayatkan  oleh  Imam  Abu  Dawud  dengan  isnad  shahih  menurut syarat Imam Bukhari.

10.    Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Barangsiapa  yang  duduk  di  dalam  suatu  majlis, lalu banyak  senda guraunya  yang  tidak  bermanfaat  dalam  majlis  tadi,  lalu  ia  mengucapkan sebelum berdiri meninggalkan majlis itu, demikian -yang artinya: "Maha Suci Engkau, ya Allah dan saya mengucapkan puji-pujian padaMu. Saya menyaksikan bahwasanya tiada Tuhan melainkan Engkau, saya mohon ampun serta bertaubat padaMu, melainkan orang tersebut pasti diampunkan untuknya apa-apa -yakni dosa - yang diperolehnya dari majlis yang sedemikian tadi." Diriwayatkan oleh Imam Termidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan shahih

11.    Dari Abu Barzah r.a. katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda pada penghabisannya jikalau beliau s.a.w. hendak berdiri dari majlis -yang artinya: "Maha Suci Engkau ya Allah dan saya mengucapkan pujian-pujian padaMu. Saya menyaksikan bahwasanya tiada Tuhan melainkan Engkau, saya mohon ampun serta bertaubat padaMu." Kemudian  ada  seorang  lelaki  berkata:  "Ya  Rasulullah,  sesung-guhnya Tuan mengucapkan sesuatu ucapan yang tidak pernah Tuan ucapkan sebelum ini?" Beliau s.a.w. bersabda: "Yang sedemikian itu adalah sebagai penebus dari apa saja - yakni kekurangan-kekurangan atau kesalahan-kesalahan - yang ada di dalam majlis itu." Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, juga diriwayatkan oleh Imam Hakim yaitu Abu Abdillah dalam kitab Al-Mustadrak dari riwayat Aisyah radhiallahu 'anha dan ia mengatakan bahwa Hadis ini adalah shahih isnadnya.

12.    Dari Ibnu Umar radhiallahu 'anhuma, katanya: "Jarang sekali Rasulullah s.a.w. itu berdiri meninggalkan sesuatu majlis, sehingga lebih dulu beliau s.a.w. berdoa dengan doa-doa di bawah ini yang artinya: "Ya Allah, bagikanlah kepada kita dari takut kita padaMu sesuatu yang menghalang-halangi antara kita dengan bermaksiat padaMu. juga dari taat kita padaMu sesuatu yang dapat menyampaikan kita kepada syurgaMu.demikian pula dari keyakinan yang dapat meringankan kita menghadapi bencana-bencana di dunia ini. Ya Allah, berikanlah kenikmatan kepada kita dengan adanya pendengaran, penglihatan dan kekuatan    kita, selama Engkau    masih menghidupkan kita dan jadikanlah semua itu sebagai yang tertinggal dari kita - yakni sampai di akhir hayat hendaklah masih dapat digunakan sebaik-baiknya. Jadikanlah pembalasan kita itu tertuju kepada orang yang menganiaya kepada kita. Berilah kita per-tolongan kepada orang yang memusuhi kita dan janganlah dijadikan bencana kita ini menimpa agama kita. Jangan pula menjadikan dunia ini sebagai sebesar-besar perhatian yang kita menuju padanya atau puncak dari ilmu pengetahuan kita - sehingga tidak memberikan kemanfaatan samasekali untuk urusan akhirat. Demikian pula janganlah memberikan kekuasaan untuk memerintah kita kepada orang yang tidak belas kasihan kepada kita." Diriwayatkan oleh Imam Termidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan.

13.    Dari Abu hurairah r.a., Katanya:   'Kasuluilah s.a.w. bersabda: "Tiada sesuatu kaum pun yang berdiri meninggalkan sesuatu majlis dan tidak sama berzikir kepada Allah Ta'ala dalam majlis itu, melainkan semua itu berdiri    bagaikan bangkai     keledai dan    mereka se-muanya memperoleh penyesalan." (Riwayat Abu Dawud dengan isnad shahih)

14.    Dari Abu  Hurairah  r.a. pula  dari  Nabi  s.a.w.,  sabdanya:  "Tiada sesuatu kaumpun yang duduk di suatu majlis yang mereka itu tidak berzikir kepada Allah Ta'ala dalam majlis tadi, juga tidak mengucapkan bacaan shalawat kepada    Nabi    mereka    didalamnya, melain-kan    atas    mereka    itu    ada kekurangannya. Jikalau Allah berkehendak, maka Allah akan menyiksa kepada mereka dan jikalau Allah berkehendak, maka Allah akan mengampunkan pada mereka." Diriwayatkan oleh Imam Termidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan.

15.     Dari Abu Hurairah r.a. pula dari Rasulullah s.a.w., sabdanya: Barangsiapa yang duduk di suatu tempat duduk dan ia tidak berzikir kepada Allah Ta'ala dalam duduknya itu, maka atasnya adalah kekurangan dari Allah dan barangsiapa yang berbaring di suatu tempat pembaringan dan ia tidak berzikir kepada Allah Ta'ala dalam   berbaringnya   itu,   maka   atasnya adalah kekurangan dari Allah." (Riwayat Abu Dawud)


SYUKRON KATSIRON