KEWAJIBAN MUSLIM TERHADAP MUSLIM YANG LAIN
Saudaraku yang dimuliakan Allah, kita sudah berkomitmen bahwa belajar, membaca, mengaji dan menghadiri  Majelis ta’lim bukan hanya sekedar menambah ilmu saja, namun lebih dari itu harus berkomitmen dalam mengamalkannya, karena kita yakin bahwa Islam adalah agama yang bekerja dan berkontribusi secara nyata di masyarakat.

Sebagai ummat Islam kita jangan hanya sebatas menguasai ilmu Islam dalam tataran teoritis saja (Islamolog), ahli  dalam mendiskusikan dan mendebatkannya, tetapi lemah dalam pengamalan (naudzubillah), tetapi harus menjadi ummat yang ahli dalam keilmuan, dan mahir dalam pengamalan. Berikut ini adalah hadist Rasulullah SAW. Yang berkaitan dengan kewajiban seorang muslim terhadap muslim yang lain :

1.    Barangsiapa yang menghilangkan satu dari beberapa kesulitan dunia yang diderita seorang mukmin, maka Allah akan menghilangkan satu dari beberapa kesulitan yang dideritanya pada hari kiamat.

2.    Barangsiapa yang memudahkan urusan orang yang sedang berada   dalam kesulitan, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan di akhirat.

3.    Barangsiapa yang menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Dan Allah akan menolong  hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya.

4.    Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah SWT akan memudahkan baginya jalan ke surga.

Sedangkan kewajiban kita sebagai seorang muslim antara lain :

1.    Islam menuntun kita untuk bisa memberikan solusi buat persoalan ummat Islam. Setiap muslim  hendaknya selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan saudara- saudaranya dari kaum muslimin, baik dengan perbuatan maupun dengan bantuan penyediaan sarana.

2.    Islam menuntun ummatnya untuk menjadi yang terbaik.
Ajaran Islam adalah   ajaran yang menuntun ummatnya agar bisa bangkit dari persoalan hidup di dunia, baik masalah pendidikan, sosial, ekonomi dan lain sebagainya. Islam menuntut kita untuk bangkit dari persoalan hidup tersebut untuk mampu menjadi ummat yang terbaik, yang memiliki kekuatan moral, pendidikan, teknologi, ekonomi dan lain sebagainya.

3.    Ummat Islam harus bisa bangkit bersama
Dalam kehidupan senantiasa ada orang-orang yang layak disantuni, dan sebaliknya ada  orang-orang yang diberi keleluasan rezeki atau kekuasan sehingga satu sama  lain bisa saling memberikan manfaat.

Allah swt berfirman :
“Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebahagian yang lain beberapa derajat, agar sebahagian mereka dapat mempergunakan sebahagian yang lain.
Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”.
[Q.S. 43 : Az Zukhruf : 32].

Oleh sebab itu orang-orang yang diberi keleluasaan rezeki diberikan kewajiban untuk mengeluarkan hartanya untuk kebutuhan Islam dan ummat Islam.

4.    Islam mengajarkan kita untuk tidak menyebarkan keburukan oranglain.

Islam memerintahkan kita untuk membentengi diri dari segala  bentuk perbuatan dosa, bahkan Islam memerintahkan untuk memutuskansemua jalan yang menghubungkan kepadanya atau yang mengarah kepada perbuatan dosa tersebut, diantaranya adalah larangan untuk menyebarluaskan atau mengumumkan perbuatan dosa tersebut baik dalam bentuk ucapan, perbuatan atau isyarat, serta memerintahkan untuk menutup aib kaum muslimin. Dan barangsiapa melihat dosa atau  kesalahan dari saudaranya, maka dia harus menutupinya atau memberikan nasehat yang baik kepadanya.
Allah swt berfirman :
Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar (berita) perbuatan yang amat keji itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka adzab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang, kamu tidak mengetahui. (Q.S. 24 : An Nuur : 19).

5.    Segala ikhtiar dan perjuangan kita dalam menuntut ilmu.

Maka hal tersebut merupakan salah satu tiket masuk surga. Allah akan memberikan ketenangan, kasih sayang kepada orang yang banyak mengingat Allah dan rajin mengkaji ajaran Islam.Dan dengan itu pula Allah SWT akan membanggakan dan memberikan kesenangan terhadap orang tersebut dengan sepenuh hati dihadapan para makhlukmakhluk-Nya (malaikat). Kita dianjurkan untuk mengamalkan setiap ilmu yang dimiliki.

Dunia adalah tempat berkarya dan beramal, dan Allah SWT memberikan jaminan kepada orang yang rajin beramal, maka Allah SWT. akan menaikkan derajat disisi-Nya.

Itulah sekelumit tentang kewajiban kita sebagai seorang muslim. Semoga kita menjadi muslim sejati yang senantiasa mendapatkan karunia dari Allah... Amiiiin Yaa Robbal Alamiiin..
Arigatou Gozaimasu