MANFAAT BERKEBUN DAN BERCOCOK TANAM DITANAH PEKARANGAN RUMAH KITA
Sahabatku yang dirahmati Allah SWT

Memiliki rumah dengan pekarangan yang sempit atau luas bukanlah suatu permasalahan bagi kita agar dapat melestarikan tanaman. Dimana tanaman adalah penyumbang gas oksigen terbesar dalam kehidupan kita. Oksigen merupakan gas yang kita gunakan untuk melakukan pernafasan. Gas oksigen dihasilkan dari hasil proses fotosintesis tanaman hijau atau tanaman yang mengandung klorofil.
Sahabatku yang berbahagia.

Kita berkewajiban untuk melestarikan melakukan penanaman terhadap tumbuhan – tumbuhan di tanah yang kita miliki. Karena dengan menanam tumbuhan di pekarangan rumah kita akan memiliki banyak manfaat yang kita dapatkan. Mungkin kita tidak menyadari akan hal ini. Namun ini sangatlah bermanfaat bagi kita.

Apa saja toh manfaat kegiatan berkebun dan bercocok tanam dipekarangan yang kita miliki :
1.    Tumbuhan yang kita tanam dapat menjadi penghasil oksigen bagi tubuh kita dengan berbagai kelebihannya. Sehingga kita mampu menghirup udara segar secara bebas dan konsisten.

2.    Jika pekarangan yang kita miliki agak luas maka kita akan bisa menanam suatu tanaman yang bisa menghasilkan ekonomi atau memiliki nilai jual. Dengan begitu kita bisa menambah perekonomian kita.

3.    Ketika kita menanam tanaman yang bisa dikonsumsi langsung, maka jelas bisa langsung kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari – hari. Sehingga kita tidak usah repot – repot pergi kepasar untuk membelinya. Kita juga bisa langsung mengambilnya dari pekarangan kita. Contohnya, kita bisa menanam tanaman lombok, tanaman sawi, atau tanaman – tanaman yang lain. Jadi kita bisa langsung mengambilnya tanpa harus bersusah payah dan mengeluarkan uang.

4.    Kalau kita memiliki tanaman yang yang bisa dikonsumsi. Saat ada tetangga kita membutuhkannya maka secara tidak langsung kita dapat bersedekah kepada tetangga kita dengan tanaman kita. Loh kan dapat pahala juga toh.

5.    Untuk yang menanam tanaman hias. Akan dapat menambah keindahan pekarangan rumah kita. Sehingga tampak lebih segar dan indah. Misalkan kita menanam tanaman melati, tanaman anggrek, tanaman bougenvil atau tanaman hias yang lainnya.

6.    Ketika kita berkebun. Bisa kita jadikan sebagai sarana untuk berolahraga secara tidak langsung. Sehingga dapat menambah kesehatan tubuh kits dan mampu menyegarkan otak dan pikiran kita kembali.

7.    Bercocok tanam ataupun berkebun bisa mengurangi beban pikiran kita. Sehingga banyak permasalahan yang bisa kita cari solusinya sambil berkebun dan bercocok tanam dipekarangan yang kita miliki.

8.    Dengan berkebun akan mampu memperlancar proses oksidasi yang ada didalam tubuh kita sehingga kita bisa menjadi lebvih segar dan lebih fresh setalah melakukan penanaman dipekarangan rumah kita.

9.    Ketika kita bisa melakukan cocok tanam bersama keluarga malah akan lebih berdampak positif. Yaitu kita bisa lebih mempererat hubungan kekeluargaan kita. Dalam kata lain kita bisa mengawetkan hubungan kita dengan istri dan anak – anak kita.

10.    Berkebun atau bercocok tanam dapat memberikan kostribusi yang positif dan baik pada rumah kita , pada keluarga kita dan bahkan pada lingkungan sekitar kita. Kita dapat memberikan suri tauladan kepada tetangga kita bahwa berkebun atau bercocok tanam itu sangat baik dan banyak memiliki manfaat yang tak pernah kita sadari.

11.    Kita bisa menjadikan desa kita sebagai desa percontohan dengan melakukan kegiatan bercocok tanam atau berkebun secara gotong royong bersama tetangga – tetangga kita.

Akhirnya semoga bermanfaat dan selamat mencoba bagi pembaca yang budiman.

SALAM SUKSES