POINT – POINT YANG HARUS DIJUNJUNG DIDALAM BEKERJA SAMA

Bekerja sama itu adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh manusia yang merupakan perwujudan sebagai makhluk sosial. Sehingga kerja sama sudah sangat mendunia. Dan semua pasti melakukan kerjasama baik dalam pekerjaan ataupun dalam hal keseharian.


Bekerja sama itu sangat enak dan mungkin apa yang kita lakukan bisa mampu diselesaikan melalui jalan ini dengan suatu kebanggan dan kepuasaan bathin.



Bekerja sama meiliki beberapa point – point penting yang memang menjadi inti dari adanya kerjasama yang baik dan tanpa mengurangi hak – kewajiban partner kita dalam bekerja sama.

Apa toh point – point dari kerjasama itu sahabat ?????


a.       Bekerjasama harus memiliki tujuan berupa visi jangka panjang yang bagus. Dengan adanya visi yang jelas maka akan tercipta suatu kerjasama yang harmonis. Dan bisa menghasilkan keuntungan bagi pelaku kerjasama tersebut.


b.      Kerjasama itu dilakukan dalam hal kebaikan. Dimana tidak untuk merugikan orang lain baik itu rekan kerjasama ataupun masyarakat yang lain. Karena jelas kalo sudah negatif maka akan juga berdampak pada kerjasama yang telah anda buat atau anda bentuk. Jangan pernah dilakukan ya.


c.       Jangan melakukan kerjasama sepihak. Dalam artian hanya anggota tertentu yang memikirkan jalannya kerjasama tersebut. Karena hal ini akan membawa dampak keburukan pada kerjasama anda.

d.      Mulailah bekerjasama dari hal – hal yang yang kecil dan bersifat positif. Dengan seperti itu semuanya bisa menjadi besar dan sempurna.


e.       Lakukan perjanjian dengan semua anggota yang mengikuti kerjasama. Baik dalam hal pekerjaan maupun hasil yang akan diperoleh kelak ketika usaha bekerja sama yang dilakukan membuahkan hasil yang sempurna.


f.        Jangan pernah terblesit dipikiran kita untuk berbuat curang dalam melakukan kerjasama dengan rekan kita. Karena mungkin ketika teman kita tahu apa yang kita lakukan. Sehingga ketika 1 kali kita melkukan hal ini maka untuk yang kedua kalinya teman kita akan sukar unutk kita ajak kerjasama kembali. Dan kita akan gampang untuk tidak dipervcaya oleh orang lain. Apalagi teman kita yang memang sudah pernah kita curangi ketika kerja sama.


g.      Sering – seringlah melakukan musyawarah dengan rekan – rekan kerjasama kita. Dengan musyawarah akan tercipta keindahan dan kenikmatan dalam bermusyawarah. Ketika kerjasama yang kita lakukan itu indah dan nikmat apakah kita merasa dirugikan ?? tidak kan?? Kita malah merasa diuntungkan dengan adanya kerjasama tersebut. Yakinlah.


h.      Jangan pernah iri kepada rekan kerjasama. Iri hanya akan membuat kerjasama yang kita lakukan menjadi hancur berantakan dan bahkan akan pecah. Jangan samapi terjadi kejadian yang memang benar- benar tidak kita inginkan sahabat.


i.        Yakinlah bahwa kerjasama itu memang akan membawa hasil yang sempurna dan maksimal. Karena keyakinan yang kita lakukan akan membawakan dampak positif dan kesuksesan dalam melakukan kerja sama.


j.        Selalulah meminta petunjuk kepada Allah SWT atas jalannya kerjasama yang anda lakukan. Dengan seperti itu akan aada jalan yang terbaik bagi kita semua sebagai pelaku kerja sama ini. Dan akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam merawat dan menjaga kebersamaan dalam bekerjasama tersebut.


k.      Kerjasama terbentuk atas dasar kepercayaan diantara anggota pelaku kerjasama. Bukan terbentuk secara tiba – tiba. Namun ada perkiraan yang matang dan utuh. Sehingga mampu bertahan dan kuat sampai menvdapatkan hasil yang maksimal dan optimal.


Demikian sedikit point yang ada dan harus kita lakukan dalam melakukan kerjasama dengan orang lain. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


SALAM SUKSES