TIPS MEMILIH PROGRAM STUDI SAAT MAU MASUK BANGKU KULIAH
Sahabatku dan adik – adikku yang berbahagia....

Bingung mau lulus dari sekolah menengah atas atau menegah kejuruan terus mau kuliah di jurusan apa ya ??

Mungkin untuk yang dari sekolah menengah kejuruan sudah jelas ditentukan sudah sesuai dengan kejuruan mereka masing – masing. Tapi untuk yang menempuh pendidikan di sekolah menengah atas mau ambil program study apa ya saat kuliah nanti ??

ini ada sedikit tips untuk memilih program studi waktu akan memasuki di dunia perkeliahan agar kelak tidak sampai menyesal dikemudian hari. Jangan sampai lah ya...
Baca dengan cermat dan teliti yan adik – adikku!!

1.    Ketika memilih program study hendaknya kamu sekalian sesuaikan dengan minat dan bakat yang kalian miliki. Kenapa ?? karena dengan penyesuaian ini kalian akan dapat menjalani dengan enjoy dan mampu mengatasi setiap persoalan yang ada dibangku perkuliahan dan yang pasti kalian akan lebih bersemangat.

2.    Jangan pernah lupa meminta lah restu pada kedua orang tua kalian. Setidaknya orang tua akan membantu kita dengan jalan konsultasi ke orang lain, baik kepada sanak famili atau mugkin taman kerjanya ayah atau ibu kita. Karena jelas juga bahwa Ridho Allah tergantung pada Ridho kedua orang tua kita. Dan orang tualah yang telah mendidik kita dan merawat kita.

3.    Cobalah untuk sharing kepada guru – guru bimbingan konseling yang ada disekolah kita. Karena guru – guru yang ada di bimbingan konseling selalu mengerti tentang kemampuan yang kita miliki. Dengan seperti itu kita tidak akan sampai tersesat dikemudian hari dan merasa menyesal kenapa saya kug memilih jurusan tersebut. Jangan sampailah sahabatku dan adik – adikku yang berbahagia.

4.    Carilah info didunia internet yang sudah sangat mudah dan terjangkau dengan sangat gampang ini. Banyak info yang bisa kita gali disana. Mulai dari program study sampai seluk beluk perguruan tingi yang akan kita masuki. Pastikan kalian memilih dengan tepat. Jangan pernah berfikir aku tidak bisa. Aku terlalu kesulitan dengan semua ini.

5.    Ajak diskusi teman – temanmu yang lain. Fungsinya apa?? Biar kalian ada gambaran tentang apa dan bagaimana toh program study yang memang benar – benar kalian inginkan itu. Ya mungkin kita agak emluangkan waktu disini. Karena mungkin kita akan lebih banyak bercanda dan bergurau dari pada harus membahas masa depan perkuliahan kita. Tak apalah. Yang penting point dan tujuan kita untuk sharing bisa tercapai.

6.    Hubungi kakak tingkat yang sudah sukses didunianya. Mereka pastinya punya pandangan yang matang dan gambaran yang jelas. Palagi bagi mereka yang sudah menjadi dosen. Pastinya tau donk seluk beluk program study di perguruan tinggi. Gali informasi yang mendalam dari mereka. Dapatkan apapun yang kalian perlukan seputar program study di perguruan tinggi.

7.    Pastikan kalo kalian sudah siap menempuh pendidikan tinggi. Karena duduk dibangku kuliah itu sangat berbeda dengan ketika kita duduk dibangku sekolah. Kita lebih banyak tugas. Lebih banyak praktikumnya. Lebih banyak menyiapkan materi untuk presentasi dan yang jelas kita akan super duper sibuk banget.

8.    Setelah semua usaha telah kalian lakukan. Saatnya yang terahir. Berdoalah kepada Allah SWT. Dengan memasrahkan semuanya kepada Allah SWT. Kita akan lebih pasrah dan tenang. Dan akan mampu menjalani dengan kepuasan bathin yang indah.

Hehehe. Ya itulah tips – tips untuk memilih program study di perguruan tinggi yang kita inginkan. Semoga dapat bermanfaat bagi adik –adik sekalian. Dan bisa menempuh pendidikan tinggi yang kalian inginkan.. aamiiiin Ya Robbal Alamiinnn..