LANGKAH – LANGKAH MENGATASI MUAL DALAM PERJALANAN
Assalamualaikum Wr. Wb.

Sahabatku sekalian yang dirahmati oleh Allah. SWT.

Perjalanan jauh terkadang kita lakukan, baik untuk tujuan silaturrahmi maupun untuk sekedar berlibur. Ketika melakukan perjalanan jauh mungkin ada sebagian dari kita yang bisa bertahan (dalam hal ini : tidak muntah) namun ada juga yang mual –mual. Atau istilahnya mabuk dalam perjalanan.

Sahabatku sekalian yang dirahmati oleh Allah. SWT.

Disini saya akan membagikan tips agar tidak mabuk ketika sedang melakukan perjalanan jauh maupun dekat. Apa itu sahabatku ???

a.    Sebelum melakukan perjalanan hendaknya kita sarapan atau makan terlebih dahulu. Disini dimaksudkan agar ketika terkena angin dijalan kita tidak sampai kemasukan angin tersebut. Sehingga perut kita akan sedikit bisa tertawa. Karena bablas angin e. Hehehe

b.    Harusnya kita melakukan sedikit gerak sebelum berangkat. Baik itu berupa olahraga kecil – kecilan ataupun yang lainnya. Yang penting usahakan kita dalam keadaan yang fit. Bukan nglentuk atau lemes.

c.    Minumlah obat anti mabuk perjalanan. Banyak kan obatannya? Terserah deh. Yang cocok yang mana. Karena secara tidak langsung obat – obatan tersebut akan menjaga perut kita dari rasa mual, mau muntah dan lain sebagainya.

d.    Bawalah makanan – makanan ringan. Mungkin ini bisa dijadikan sebagai camilan dikala perut kita sedang terasa lapar. Dengan membawa makanan – makanan ringan, perut kita yang tadinya lapar bisa dapat segera terisi. Ya agar angin yang tadinya mau masuk menjadi enggan masuk karena memang sudah tidak ada ruang di perut kita.

e.    Ketika kendaraan sedang berjalan maka kita dianjurkan untuk tetap bersholawat dan mengingat – ingat Allah. Agar tiada pikiran kita kosong disaat sedang berkendara. Dengan seperti itu kita menjadi tenang dan mampu menahan rasa mual yang ada diperut kita.

f.    Lakukan sedikit terapi pada anggota badan kita. Terutama tangan kita. Lebih tepatnya lagi pada kesemua jari – jari tangan kita. Karena dengan sedikit terapi itu akan menjadikan jari – jari tidak sampai kelelahan. Dan tetap bisa merasakan nikmatnya perjalanan yang sedang kita lakukan. Jangan sampai kita kelelahan karena akan berdampak negatif pada perut kita dan pikiran kita.

g.    Mungkin anda memiliki pikiran bahwa saya pasti muntah, saya pasti ndak betah, atau mungkin rasa mual itu pasti ada. Hilangkan pikiran itu. Jangan sampai kita terkotak dengan pikiran yang gak jelas itu. Karena timbulnya rasa mual itu bisa dikarenakan hal yang semacam ini. Dan hanya akan membuat kita cepat lelah dengan pikiran yang semacam ini.

h.    Yakinlah bahwa perjalanan yang sedang kamu lakukan adalah perjalan yang indah dengan menuju suatu tempat yang memang akan memberikan keindahan bagimu. Jangan pernah merasa tersiksa. Agar prjalananmu lebih indah. Bukan malah menyakitkan.

i.    Lakukan istirahat sejenak, apalagi ketika kamu memang sedang melakukan perjalanan yang sangat jauh. Jangan pernah memaksakan kehendakmu ketika melakukan perjalanan jauh. Karena itu hanya akan menyakiti dirimu sendiri. Tidurlah jika memang kamu bukan sopir atau yang menyetir kendaraan itu. Pasti bisa kan??

j.    Berbicaralah selebihnya. Tapi ingat jangan pernah berlebihan. Karena dengan berbicara yang berlebihan akan membuatmu cepat lelah. Dan hanya akan menyebvabkan perutmu terasa mual. Dan akhirnya muntah deh. Bahaya. Ajak bicara temanmu. Atau mungkin bermainlah game di hpmu. Atau bermain game bersama temanmu ketika perjalanan yang kamu lakukan memang bersama – sama atau rombongan.

Ya itulah sedikit yang bisa saya bagikan sahabatku. Semoga perjalanmu terasa indah dan nyaman, serta selamat sampai tujuan.

MY TRIP MY ADVENTURE