Sebagai seorang mahasiswa jelas kita menginginkan agar dapat memiliki penghasilan seperti teman – teman kita yang bekerja. Setidaknya kita bisa membantu meringankan beban orang tua kita agar tidak terlalu payah bekerja sedangkan kitanya asyik kuliah dan gak ngapa – ngapin. Jangan sampai lah kayak gitu temanku.

Mungkin sangat banyak bidang pekerjaan yang bisa kita lakukan dengan disambi belajar dibangku kuliahan. Dengan gambaran – gambaran yang akan kita paparkan ini semoga dapat menambah manfaat pengetahuan kepada teman – teman sekalian yang sedang menempuh jenjang kuliah. Semoga bermanfaat nggeh...
Apa saja toh bidang pekerjaan yang sesuai bagi mahasiswa ???

1.    Berdagang makanan 

Lah ini yang sangat lumayan bagi mahasiswa yang sedang ingin menambah penghasilannya. Mereka bisa berdagang makanan, dimana jualan ini bisa dilakukan secara patungan. Namun usahakan kalo patungan harus ada perjanjian yang jelas sejak awal. Agar diharapkan tidak ada permasalahan diakhirnya nanti kalo usaha tersebut sudah sangat berkembang dan maju. Tentukaan mulai dari awal apa saja yang harus disepakati bersama. Mulai dari modal, trus pekerja atau karyawannya, sampai pembagian keuntungan. Agar tidak sampai kita pecah dan bermusuhan dengan teman kita hanya karena usaha yang kita dirikan.

2.    Membuka usaha salon (potong rambut)


Bagi mahasiswa yang kuliah dijurusan tata busana atau tata rias ini suatu menjadi kewajiban untuk menambah poin nilainya dibangku kuliah. Namun membuka usaha jasa seperti ini juga bisa dilakukan oleh mahasiswa disemua jurusan. Bahkan anak keguruan maupun anak teknik pun juga bisa berpeluang untuk membuka usaha ini. Kita hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Namun kita bisa mendapatkan hasil yang lumayan besar. Kita juga bisa mengatur waktu yang kita inginkan sesuai dengan jadwal kuliah kita.

3.    Menjadi tukang ojek 


Jika kita mahasiswa yang sudah semester akhir dan mengetahui seluk beluk kota tempat kuliah kita maka kita bisa memanfaatkan dengan membuka jasa ojek. Lumayan kan. Kita bisa keliling sambil nganter pelanggan sambil dapat uang pula. Toh kita juga tidak terlalu terikat dengan bos atau apa. Kan memang kita ndak punya bos. Kalo kita memang lagi butuh uang bangetmaka kita bisa lebih banyak meluangkan waktu buat ngojek. Agar bisa dapat lebih banyak penghasilan.

4.    Membuka jasa loundry


Mungkin awal kuliah biasanya kita masih belum memiliki modal yang cukup untuk membuka jasa loundry. Karena modalnya juga lumayan. Ya mungkin kita harus cari modal dulu. Mungkin kita bisa mengikuti program beasiswa atau mungkin program kreatifitas mahasiswa. Dimana kita bisa mendapatkan modal yang lumayan cukup untuk memulai usaha loundry. Dengan seperti itu kita akan mampu membuka jasa loundry dan dapat memperoleh penghasilan yang cukup untuk bertahan hidup dan membayar uang kuliah.

5.    Menjadi guru les privat


Bagi kita yang lumayan suka ngajar. Ini boleh dicoba untuk menambah penghasilan kita. Dengan jalan menjadi guru privat bagi anak – anak SD , SMP, bahkan kalo kita mampu bisa sekalian anak SMA. Kan kalo SMA lebih lumayan gampang ajarannya dan besar penghasilannya.

Baca juga : Tips Belajar bahasa Inggris Agar cepat mahir

 6.    Mengikuti proyek dosen 


Ini yang sangat dapat membanggakan karena kita tidak hanya dapat penghasilan saja namun kita juga bisa mndapat perhatian yang lumyan dari dosen kita. Setidaknya beliau akan memberikan peluang buat kita setelah kita lulus nanti. Apalagi kalo kita bisa membanggakan beliau.
Sebenarnya masih ada banyak sekali bidang pekerjaan bagi mahasiswa, namun yang paling sering dan mudah kita lakukan adalah yang telah kita sebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

SALAM SUKSES