9 LANGKAH SUKSES MERAIH PREDIKAT SISWA TELADAN SEKOLAH
Assalamualaikum Wr. Wb.

Adik – adikku para pelajar yang berbahagia.
Sebagai seorang pelajar pastilah kita berkeinginan untuk menjadi siswa berprestasi  yang bagus di sekolah, namun kadang-kadang menjadi  hal  yang rumit untuk diwujudkan bagi sebagian siswa. Namun sebagian lagi tidak ambil pusing dengan hal ini. Yang penting dapat menjalani proses pembelajaran sebagaimana mestinya setiap hari.

Apa toh ukuran siswa yang berprestasi?

Sangat banyak dan beragam yang menjadi ukuran siswa berprestasi tersebut. Siswa dikatakan berprestasi di sekolah apabila memperoleh hasil belajar yang sangat memuaskan. Benar! Tapi sangat memuaskan bagaimana?

Ada juga yang mengelompokkan siswa berprestasi itu mampu meraih peringkat 10 besar. Ada pula yang mengatakan berprestasi itu sampai peringkat 3 besar.

Biasanya, siswa yang meraih juara 1 sampai 3 saat menerima rapor akan diumumkan oleh guru dan tampil ke depan siswa lainnya. Ada juga saat menerima rapor bersama orang tua sehingga siswa berprestasi tersebut tampil di podium bersama orang tuanya. Ini pastilah sangat membahagiakan siswa dan orang tuanya.

Bagi adi – adik pelajar yang ingin menjadi siswa berprestasi atau orang tua yang ingin anaknya berprestasi di sekolah, disini akan kita bagikan 4 langkah yang akan mampu membawa adik – adikku para pelajar untuk menggapai predikat siswa berprestasi dikelas yaitu antara lain :

1.    Meminati semua mata pelajaran

Adik – adikku yang berbahagia. Kalian harus memiliki rasa senang akan semua mata pelajaran yang diajarkan dikelas. Jangan sampai ada satupun mata pelajaran byang kalian benci. Kurang menyukai satu atau beberapa mata pelajaran di sekolah merupakan suatu kerugian bagi siswa yang ingin berprestasi.

Mengapa? Otomatis nilai pada mata pelajaran ini juga kurang memuaskan sehingga mempengaruhi jumlah nilai semua mata pelajaran.

Oleh sebab itu, sukai dan pelajari dengan sungguh-sungguh semua mata pelajaran. Jika ada mata pelajaran tertentu yang memang kurang disukai pelajari juga bagaimana meminati mata pelajaran tertentu

2.    Membagi waktu dengan baik

Bagi seorang siswa harus bisa membagi waktunya dengan baik agar berprestasi di sekolah. Bisa membagi waktu antara belajar, bermain, membantu orang tua, istirahat, termasuk main facebook-an, twiter-an atau blogging bagi yang sudah terlanjur hobi berselancar di dunia maya.

Karena dengan dapat membagi waktu maka prestasi belajar kita akan semakin terangkat dan naik. Karena kita menjadi lebih disiplin dalam melaksanakan kegiatan kita sehari – hari. Terutama waktu untuk belajar. Karena tugas kita sebagai pelajar adalah belajar yang rajin dan giat.

3.    Menunjukkan sikap dan prilaku baik

Adik – adikku yang baik hatinya. Guru lebih cenderung akan tertarik kepada siswa yang bersikap dan berprilaku baik. Lumrah, kalau guru akan membenarkan saja jawaban siswa yang sedikit salah dalam ulangan karena sikap dan prilaku siswa yang baik.

Guru tidak akan ‘pelit’ memberi nilai. Sikap dan tingkah laku siswa termasuk unsur penilaian dalam pendidikan. Sikap dan perilaku yang baik akan membawa kita menuju kesuksesan untuk mencapai prestasi tertinggi yang kita harapkan. Yakni menjadi bintang pelajar dan dapat membanggakan orang tua kita.

4.    Rajin mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah

Kesalahan yang umum dilakukan siswa adalah kemalasan mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru. Pertama sekali yang dilihat guru adalah,  apakah tugas yang diberikan ada dikerjakan siswa atau tidak.

Guru belum melihat apakah yang dikerjakan siswa, benar atau salah. Nah, jika semuanya dikerjakan dan ternyata pekerjaan siswa benar, peluang emas bagi siswa untuk mendapat nilai yang memuaskan. Ini kuncinya adik – adikku. Jangan pernah kita merasa bahwa pekerjaan rumah adalah sesuatu yang dapat menekan kita.

Bukanlah momok bagi kita yang malah kita jauhi. Bukan malah kita dekati dan kita kerjakan.

5.    Aktif dalam kegiatan belajar

Adik – adik pelajar yang berbahagia. Guru akan menandai siswa yang aktif dalam belajar di ruang kelas. Keaktifan siswa dalam belajar ditandai dengan aktivitas siswa, baik bertanya maupun menjawab pertanyaan lisan yang diajukan oleh guru.

6.    Memiliki motivasi yang tinggi

Adik – adikku sekalian. Untuk menjadi siswa berprestasi perlu adanya motivasi atau dorongan semangat yang tinggi untuk belajar dan meraih prestasi. Oleh sebab itu siswa perlu meningkatkan motivasi belajar sendiri.

Faktanya, jarang ada siswa yang rendah motivasi belajarnya akan mendapat juara di kelas. Motivasi akan membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam menentukan prestasi yang akan kita capai.

7.    Memiliki cara belajar yang efektif

Siswa yang menguasai cara belajar efektif akan mudah untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan. Termasuk di dalamnya bagaimana cara menghadapi ujian kenaikan kelas. Nilai ujian kenaikan kelas memiliki prosentase yang lebih besar dari unsur-unsur penilaian yang lain.



8.    Senatiasa berbakti kepada kedua orang tua

Kedua orang tua kita yang telah mendidik dan merawat kita hingga kita bisa seperti ini adik – adikku yang berbahagia. Maka kita harus berbakti kepada beliau dengan mengikuti segala nasihat yang diberikan oleh beliau.

9.    Taat beribadah


Siswa yang taat beribadah kepada Allah SWT akan selalu berdoa untuk kesuksesan dirinya dalam menggapai hasil belajar yang baik. Mereka memiliki keterkaitan spiritual yang kuat dengan Yang Maha Kuasa.

Demikian adik – adikku yang berbahagia. Semoga kalian menjadi siswa – siswa yang berprestasi di sekolahan kalian masing – masing. Aamiiin Yaaa Robbal Alaamiiin..


SALAM SUKSES