4 DAMPAK PENGARUH IMAN DALAM KEHIDUPAN
Salam Sukses sahabatku yang senantiasa berhati mulia dan kuat dalam mengabdi dan menghamba kepada Allah SWT. Kembali lagi disini dalam pembahasan materi yang berkaitan dengan agama islam. Karena kita adalah hamba Allah yang sudah sepatutnya dan selayaknya memberikan yang terbaik untuk Allah SWT. 
 
Oke sahabat, mari kita bahas bersama tentang apa saja toh pengaruhnya iman dalam kehidupan kita sehari – hari. Tapi sebelumnya mari kita kupas dulu tentang iman tersbut. Iman artinya percaya. Apa yang orang yakini biasanya banyak berpengaruh pada gaya hidup, kebiasaan dan lain sebagainya. 
 
Misalnya saja para petenis di dunia lebih dominan menggunakan tangan kirinya untuk memegang raket alias kidal, berbeda lagi dengan orang Indonesia yang memiliki keyakinan bahwa tangan yang "bagus" atau dianggap baik adalah tangan kanan, maka kebiasaan makan, minum dan sebagainya pun dilakukan oleh tangan kanan. 
 
Untuk orang Indonesia mungkin binatang melata seperti bekikot dianggap sangat menjijikan, karena itu jangankan untuk memakannya melihatnya saja merasa jijik. 
 
Berbeda lagi dengan orang Jepang yang meyakini bahwa segala sesuatu yang mengandung protein, atau bergizi untuk tubunya maka layak-layak saja untuk dikonsumsi. Begitu mempengaruhinya keyakinan seseorang kepada sesuatu dapat mempengaruhi gaya hidup atau kebiasaan seseorang. 
 
Bagaimana dengan pengaruh "iman" seseorang di dalam kehidupan?? Ketika anda memiliki iman yang begitu kuat anda akan sulit menjelaskan beberapa hal yang memang sulit untuk dijelaskan. 
 
Misalnya ketika seorang ibu yang begitu menyayangi anaknya yang sedang sakit, dia rela untuk tidak tidur hanya untuk menjaga anaknya tercinta, ketika anaknya mulai tertidur dan kemudian terbangun maka sang ibu sigap bangun dan kembali menggendongnya, bermalam-malam pun sang ibu akan tetap setia menjaga anaknya, lelah letih tak menjadi halangan sang ibu, kenapa ibu begitu bisa kuat seperti itu?karena sang ibu memiliki cinta yang begitu kuat terhadap anaknya. Lalu, sejauh apa pengaruh iman dalam kehidupan?
 
 
Berikut merupakan pengaruh iman dalam kehidupan :
 
 
1. Iman itu akan menumbuhkan keberanian 
 
Kita yakin akan hidup, mati, jodoh merupakan takdir dari Allah swt, akan tetapi keyakinan itu terkadang tidak sampai menghujam sampai ke relung hati, jika keyakinan sudah berada direlung-relung hati yang paling dalam maka akan menimbulkan keberanian yang besar. 
 
Misalnya saja orang-orang memiliki rasa takut akan datangnya kematian meskipun kematian itu sudah pasti akan datang. akan tetapi jika orang yang sudah beriman dengan sungguh-sungguh maka kematian itu tidak lagi dijadikan sebagai suatu ketakutan yang besar, tapi hanya dijadikan sebagai suatu peringatan agar dapat mempersiapkan diri untuk bertemu dengan sang khaliq.
 
Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat. Dan Kami akan memberi balasan kepada orangorang yang bersyukur (Q.S. 3 : Ali Imron : 145)
 
 
2. Iman melahirkan ketenangan bathin. 
 
Iman itu melahirkan ketenangan bathin, misalnya saja seorang ibu yang berdo'a setiap malam agar anaknya menjadi anak yang sholeh, akan tetapi pada kenyataannya anak tersebut tidak shaleh, ibu tersebut tetap berdo'a momohon kepada Allah, berpasrah kepada Allah, menyerahkan segalanya kepada Allah sehingga meskipun demikian,
 
ibu tersebut akan memperoleh ketenangan bathin yang luar biasa. Mungkin anda pernah melihat seseorang yang selalu tersenyum, seolah tiada masalah di dalam hidupnya, padahal yang sebenarnya orang tersebut memiliki sejumlah masalah kehidupan yang mungkin lebih berat dari kita, dan kita tidak pernah mengetahuinya. wajahnya mengekspresikan kebahagiaan dan ketenangan, karena dia yakin Allah Maha Adil dan Allah selalu bersamanya, meskipun dia berada dalam lorong yang gelap sekalipun. Allah berfirman didalam Al- qur’an yang artinya :
 
Apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir (di medan perang) maka pancunglah batang leher mereka. Sehingga apabila kamu telah mengalahkan mereka maka tawanlah mereka dan sesudah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang berhenti. Demikianlah, apabila Allah menghendaki niscaya Allah akan membinasakan mereka tetapi Allah hendak menguji sebahagian kamu dengan sebahagian yang lain. Dan orang-orang yang gugur pada jalan Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakan amal mereka (Q.S. 48 : Muhammad : 4)
 
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram (Q.S. 13 : Ar
Ra’d : 28)
 
 
3. Iman akan membebaskan jiwa dari penghambaan kepada selain Allah 
 
Dengan kita beriman kepada Allah SWT. Maka kita sebagai hamba Allah akan mampu memperteguh keyakinan bahwa hanya Allah lah tuhan kita kita. Tuhan semua makhluk dan merupakan satu – satunya yang patut di sembah dan tiada yang lain. Sehingga dengan seperti itu kita akan menjadi hamba Allah yang senantiasa merasakan kebahagiaan di dunia maupun diakhirat. Allah berfirman didalam Al- Qur’an yang artinya :
 
Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorang pun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. 
 
Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)? (Q.S. 35 : Faathir : 2-3) 
 
4. Iman akan membangkitkan semangat juang menjalani kehidupan 
 
Ketika kita beriman kepada Allah maka secara otomatis kita akan menjadi lebih bersemangat dalam melakukan ritual kehidupan yang kita jalani dan senantiasa kuat dalam menggapai mimpi dan keinginan kita.. Semangat sahabatku dalam beriman dan memperteguh keyakinan kepada Allah SWT. Supaya kita memperoleh apa yang menjadi impian dan harapan kita.
 
GANBATTE KUDASAI